Perancangan Mesin Pemeras Tebu

Perancangan Mesin Pemeras TebuBarang yang kelihatan sepele dan cendrung kurang diminati di tangan orang yang punya kreatifitas bisa menjadi sesuatu yang menarik. Usaha kecil dan menengah kini sering bermunculan karena kratifitas dan membuat orang-orang menjadi simpati dan senang mendengar dan melihatnya.

Salah satunya adalah es tebu yang bukan minuman asing dan bukan istimewa. Tetapi, dengan cara penggilingan yang berbeda dan kemasan mnarik justru saat ini menarik tidak sedikit orang untuk menggeluti. Apalagi sudah di dukung dengan ketersedian bahan baku yang banyak serta murah memberikan keuntungan yang lumayan besar.

Kendala yang di hadapi adalah proses pemerasan yang sulit sebab batang tebu keras membutuhkan tenaga yang besar untuk mengambil sari tebunya. Kendala di atas dapat di tangani dengan menghadirkan sebu alat peras yang bisa menggiling tanpa harus membutuhkan tenaga kita sebagai pemerasnya.

Ukuran yang di buat adalah ukuran kecil sehingga tidak memakan tempat apalagi di desain dengan model yang lebih fleksibel. Fleksibel disini sebagai contoh menggunakan roda dua atau tiga yang biasa kita temukan pada pedagang yang jual somai batagor maupun martabak bangka atau mesir.

Tujuan dari rekayasa mesin peras tebu manual atau otomatis ini di tujukan untuk tingkatkan efesiensi. Cat, besi plat, meni, besi siku, dempul, as baja, mur/baut, as nilon, roda, pisau potong bentuk lingkaran, van belt, bes begel, puli, pilow block dan bearing adalah bahan rekayasa dan kontruksi yang di perlukan.

Tahapan di lakukan dari satu komponen ke komponen lain yang pada akhirnya membentuk satu kesatuan sesudah di rakit. Pada hasil akhirnya menghasilkan sebuah gambar atau desain dari kerja. Yang mana terdikit dari komponen unit pengumpanan, pengilingan , panyaluran hasil giling serta penerusan kekuatan.

Pengoperasian dimulai dari tebu di potong di bagian roll pengumpan sambil di tekan sehingga masuk ke celah sehingga pada akhirnya roll gilingan bekerja. Roll gilingan membuat sistem pemerasan bekerja sehingga air nira keluar dari ampas melalui penyaluran hasil yang terpisa dari ampas yang keluar di tempat berbeda.

Perancangan mesin pemeras tebu akan berjalan baik di dukung dengan spesifikasi alat penggiling baik sebagai contoh  daya/rpm : maksimum 1 HP/2200 rpm, panjang : 50 cm, lebar : 34 c, tinggi : 90 cm. Bagian piringan pencacah ada 3 buah dengan diameter piringan : 10 cm serta tidak lupa unit penyaluran hasil akhir.

Updated: 3 Februari 2018 — 10:08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mesin Es Tebu © 2017